Istirahatlah saat ngantuk!

Hello...
it's been a long time without you ma fren....

Lama tak bersua kalau kata orang sastra, iya ga?. Akhirnya gue menemukan semangat kembali untuk mulai bercerita di blog ini. Mungkin bisa dibilang untuk menghilangkan kesan formalitas dalam blog ini sih karena tulisan sebelumnya emang diharuskan. Tahun lalu kan gue jadi peserta student-exchange dan salah satu syarat penilaiannya adalah dengan melihat tulisan blog gitu. Dan ini gue mulai setelah beberapa inspirasi muncul untuk mulai menulis lagi. Anyway, cerita ini gue share saat sedang deadline ngerjain seminar proposal. Sweet escape yang hakiki. Baik mari kita mulai.

Tepatnya, satu minggu yang lalu gue pulang dari kampus masih pukul 19.00 WIB dengan mengendarai motor. Pas udah sampe daerah Pondok Indah, mata gue udah mulai kriyep-kriyep. Mulai gue pelan-pelan naik motornya. Eh kok ke enakkan yaa malah dikit-dikit intensitas melek gue berkurang. Gue naikkan deh kecepatan motor gue. Nah loh malah keenakkan juga karena kena angin malam. Sati-satunya cara adalah dengan bersholawat, atau ngomong sendiri. Iya, gue emang sering ngomong sendiri di motor atau semacam bermonolog ria tapi engga berstruktur. Hanya untuk sekedar memecah kebosanan. Alhamdulillah, sampai Bintaro aman jalanan gue lewatin. Pas mau masuk area deket rumah, disekitaran CBD Ciledug yang beberapa hari lalu jadi perbincangan karena kebakaran. Kriyep-kriyepan itu mulai muncul lagi dan kali ini beneran berat banget. Sampe akhirnya dess satu dua detik gue merasa mata gue merem dan saat melek gue dalam posisi kaget sambil ngerem dan berjarak tiga meter dari punggung angkot. Alhamdulillah, Allah SWT masih kasih gue selamat malam itu. Kalian yang baca udah tahu apa yang akan terjadi kalau kejadian sebaliknya ada. 

Kejadian diatas bukan pertama kali buat gue. "ngantuk" di jalan emang musuh gue banget. Makannya sekarang kalau misalnya gue akan pulang malam, lebih baik gue tidak makan atau minum yang berat. karena menurut gue, itu bisa bikin gue ngantuk pas waktunya pulang. Dan dalam kondisi lain, kalau misalnya gue tahu pasti ujung-ujungnya akan pulang malam karena ada undangan atau rapat, gue akan memilih tidur dulu setengah atau satu jam sebelum pulang. Sebenarnya gue pun juga awam tentang solusi mengurangi ngantuk gue ini tapi sejauh ini ya cukup bekerja untuk gue. 

Berlanjut pada cerita lain yang masih seputar ngantuk. Tepatnya kapan gue lupa tapi yang jelas gue pulang pukul 21.00 WIB dari arah kampus. Ini terjadi di depan rumah salah satu orang yang tinggal di daerah Pondok Indah. Posisi rumahnya tepat dipinggir jalan dan ada parit atau selokkan kecil. Mata gue tiba-tiba merem beberapa detik dan saat merem itu gue merasa bahwa motor gue belok ke arah yang salah. Dan benar aja, ban motor gue masuk ke parit yang ukurannya pas lalu langsung gue rem. Pas beneran ngeh, gue pun berhenti dulu dan ngelihat ke kanan gue. Iya gue sadar gue merem gara-gara ngantuk tapi disisi lain ada yang gue sadari dari orang-orang dijalan. 

Salah satu hal yang miris adalah masyarakat kita kurang peka dan peduli terhadap sesama, terutama di jalan raya. Salah satu kegelisahan dan keresahan yang gue alami sebagai pengendara motor. Beberapa dari kalian mungkin bisa aja menganggap ini lebai atau udahlah gitu aja juga tapi gue meresapi ini setelah banyak peristiwa di jalan raya. Bukan cuma sekolah atau kampus tempat belajar tapi jalanan juga tempat belajar kehidupan. ciee...

Kenapa gue bisa berpendapat demikian? karena saat itu gue berharap ada yang mengahmpiri gue sekedar bilang "mba gapapa?" tapi engga ada satu pun. Saat ini sambil ngerem, gue nurunin kaki untuk nahan dan ternyata bagian bawah kaki gue agak luka. Sempet sedih dan oh gue kira akan ada yang nolongin tapi ternyata engga. Setelah itu, gue lanjut nyetir sambil nahan luka yang perih.Dan dari hal ini, mengingatkan pula pada cerita lama di tengah-tengah kemacetan. Waktu itu, gue inget ada seorang bapak naik motor yang tasnya kebuka. Gue pikir akan ada yang ngingetin dia untuk sekedar teriak "pak tasnya kebuka tuh!" tapi ora ada sama sekali. Kondisinya pas banget lampu hijau dan semua kendaraan buru-buru ngebut dong. Nah si bapak yang tasnya kebuka ini juga naikkin gas, alhasil berkasnya jatuh ke jalan. Sempet ragu mau ambil padahal gue juga buru-buru tapi saat itu seperti diingatkan "ambil her, kasih her, cepetan". Dan gue berhenti untuk ambil itu kertas-kertas sambil berharap bapak tadi engga begitu ngebut. Alhamdulillah semakin gue kejar, semakin kelihatan motor bapaknya terus gue panggil-panggil dan kami berhenti. Gue sadar, selalu ada cara untuk kita bisa beramal dan salah satunya dengan lebih peka dengan hal yang ada disekitar kita. Mudah-mudahan cerita diatas bukan termasuk ria yaa guys. Gue cuma mau sharing apa yang gue alami. 

Mari berlanjut pada cerita ngantuk, ini mungkin akan menjadi sedikit konyol karena gue sebagai orang yang mengalami juga heran, kok bisa. Bermula ketika gue juga keluar dari kampus pukul 21.00 WIB. Sejak melewati Ranco, mata gue udah mulai kriyep-kriyep dan bener masuk fatmawati juga sesekali merem melek dengan intensitas yang banyak. Apalagi jalan layang waktu itu yang di depan Highscope TB Simatupang masih baru dan anginnya kuat dan dingin banget kalo udah jam sembilan keatas. Pas hampir masuk prapatan Fatmawati, gue nyetir ambil kanan ke arah putar balik dan ketika mau sampe itu meremlah mata gue beberapa detik. Pada saat melek, gue sadar bahwa arah motor gue berubah ke arah putar balik Cilandak Town Square. Alhamdulillah bukan parit atau belakangnya angkot tapi ini lebih jauh karena putar balik. Cerita terakhir ini adalah peristiwa paling awal yang gue alami sebelum masuk parit dan angkot diatas. 

Emang bener kalau ngantuk dijalan lebih baik istirahat atau berhenti dulu. Dan biasanya plang peringatan ini banyak ditemukan saat musim libur lebaran. orang-orang ramai mudik ke kampung halaman. Tapi kalau gue misalnya berhenti dulu ya sebenarnya rada takut juga karena jalan-jalan udah pada sepi, dan daerah yang gue lewati juga sangat minim pejalan kaki (yaiyalah kan udah malam). Dan selama gue mengalami kejadian ngantuk itu, semakin gue diingatkan untuk selalu bersyukur karena dikasih kehidupan setiap detiknya oleh Allah SWT. Hal lain yang perlu diingat adalah untuk tidak makan dan main berlebihan dengan teman supaya tidak terlanjur ngantuk dijalan karena kelelahan. by the way, i'm still searching for the best solution of my ngantuk condition. Sekian, bye...




Comments

Popular Posts