Guru

Mungkin pada cerita kali ini harus ada sedikit kata-kata puitis, mengingat dalam cerita sebelumnya gue lebih banyak bertutur sekenanya seperti mengobrol. Dan mudah-mudahan lebih banyak kalimat-kalimat yang lebih rapih jadi kalian yang baca tidak mengernyitkan dahi saat membaca cerita gue hehehe.

Tepat sekali momentnya saat menulis kembali adalah pas Hari Guru Nasional. Guru : Pahlawan Tanpa Tanda Jasa. Meresapi kalimat tersebut, apa sih kira-kira pemahaman teman-teman tentang hal ini?. Mungkin apa yang akan gue sampaikan bisa menjadi salah satu jawaban yang sependapat bagi kalian. Sudah beberapa tahun gue menjalani profesi sebagai guru TK, dari yang karbitan banget tapi secara sampul atau niat adalah hal yang baik karena kegiatan sosial dan alhamdulillah sekarang bisa perlahan memperbaiki diri dan sedang dalam proses menuju kata "sempurna" sebagai guru.

Mungkin bagi banyak orang, pekerjaan sebagai guru TK adalah sebuah hal yang mudah. Pada beberapa kondisi, orang-orang yang gue temui juga pernah melontarkan hal yang remeh padahal itu serius. Misalnya, "jadi guru TK mah gampang, cuma nyanyi-nyanyi atau joget-joget doang". Bukan cuma dosen gue yang naik pitam tapi gue juga merasa demikian. Sayangnya komentar seperti itu dikatakan oleh mereka yang berpendidikan baik. Miris dan remuk hati gue kalau dengar komentar tak berdasar seperti itu. Tapi gue pun sadar, mereka yang berucap demikian lebih banyak hanya melihat sebatas pandangan pribadi. Lalu tidak ada orang yang benar-benar mengklarifikasi kebenarannya. 

Menurut gue, guru apapun itu tidak ada yang mudah karena yang diberikan pendidikan adalah manusia dan bukanlah benda mati. Perbedaannya adalah, guru untuk anak ABG "mungkin" (ini pendapat gue ya untuk memudahkan teman2 memahami guru TK) punya beban yang sedikit lebih mudah karena ketika anak ABG dikasih tugas, mereka bisa cari sendiri jawabannya, bisa membedakan yang salah dan benar yang mana, bisa belajar mencari penyebabnya. Sementara anak TK, tepatnya anak usia dini sedang mengalami peletakkan dasar pada hidupnya dimana proses penanaman pengetahuan, penerimaan informasi baru, terlebih mereka juga menjalani masa golden age. Anak usia dini membutuhkan bantuan dan arahan orang dewasa untuk mampu membedakan baik dan buruk, benar dan salah. Jikalau hanya nyanyi-nyanyi doang tapi tidak ada ilmu yang disampaikan, yaaaaa buat apa juga nyanyi-nyanyi. Semua hal yang dilakukan guru pasti ada alasannya dan dasar ilmunya. 

Bukan hal yang mudah untuk mampu menyebut diri sendiri sebagai "guru". Setiap pilihan yang kita ambil dan lakukan, selalu ada resiko yang mengikuti. Dulu, jadi guru adalah pilihan yang paling terakhir banget deh setelah editor, penulis novel dan akhirnya benar-benar jatuh cinta pada profesi ini. Terkait profesi ini, gue setuju dengan istilah "jodoh sudah diatur oleh Allah SWT". Orang-orang juga bilang bahwa guru adalah pekerjaan mulia hingga apa yang kita lakukan dan berikan pada murid akan dipertanggungjawabkan dihadapan-Nya kelak (semua hal juga deh). Dan selama bertahun-tahun lamanya, profesi ini disematkan gelar pahlawan tanpa tanda jasa. Sebenarnya banyak banget jasa seorang guru dan kalau di bukukan mungkin bisa banyak seriesnya karena yang dididik adalah manusia. Berarti apa yang ditanamkan akan terus tumbuh sepanjang manusia hidup. Ini salah satu pandangan gue mengenai pahlawan tanpa tanda jas.

Sebelum peringatan Hari Guru habis di tahun ini, yuk kita refleksi diri kita. Seberapa besar kita sudah menjadi orang yang didoakan oleh guru kita dahulu?. Mereka mungkin tidak mengharapkan terimakasih saking banyaknya manusia yang mereka didik tetapi kita sebagai salah satu diantara para manusia terdidik itu, apakah sudah mengarahkan diri kita menuju apa yang dicita-citakan dengan tetap memegang pesan - pesan sakti guru kita ?.

jari-jemariku kecil kala itu, termangu diujung pintu dengan wajah lugu
sebuah tangan mengenggam, mendekap dengan rasa sayang
lalu ku sebut dikau guru
merona wajahnya seumpama senja di laut pasang

selamat hari guru, untukku, untukmu, untuk mereka yang mau berbagai ilmu dan mengasihi orang lain dengan pengetahuan dan informasi baru...

Comments

Popular Posts